Home » » AHM Mantapkan Kegiatan Balap

AHM Mantapkan Kegiatan Balap

AHM Mantapkan Kegiatan Balap Berjenjang Honda 2013


Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) memulai awal tahun ini dengan memantapkan kegiatan balap berjenjang di tingkat nasional maupun internasional untuk mendukung anak muda pecinta balap Indonesia merintis prestasi di arena balap dunia. Dalam setiap jenjang tahapan, AHM juga melakukan pembinaan terstruktur yang terintegrasi.
Kegiatan balap berjenjang dilakukan melalui pembinaan dan ajang balap tingkat nasional berupa Honda Racing Championship (HRC), Honda Technical Racing Training, Honda Racing School, Kejuaraan Nasional 250cc, Motorprix, dan Indoprix. Di tingkat internasional, AHM mendukung aktifitas balap di ajang FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) melalui Asia Dream Cup (ADC) sebagai arah pembinaan berjenjang menuju ke arena balap dunia.
Di awal tahun ini, AHM juga menyiapkan landasan lain menuju balap dunia melalui keikutsertaan dalam ajang Suzuka Endurance 4 Hours dan All Japan Championship 2013, serta dukungan terhadap pembalap yang berpeluang lolos wild card Moto3.
Marketing Director AHM Margono Tanuwijaya mengatakan tahun ini menjadi landasan nyata bagi pembalap muda Tanah Air untuk menunjukkan prestasi terbaiknya. Dengan semangat One Heart, AHM berkomitmen terus memberikan tahapan yang terstruktur dan sarana yang tepat untuk mendukung pembalap muda mewujudkan mimpinya berprestasi di tingkat tertinggi.
“Pembinaan melalui berbagai jenjang balap ini diharapkan dapat mendukung pembalap maupun tim balap Honda untuk berprestasi di setiap ajang balap yang diikuti. Kami ikut bangga jika pembalap Indonesia yang kami dukung berhasil meraih hasil terbaik dan berpeluang menuju jenjang berikutnya,” ujarnya.
Aktifitas Balap Nasional
Beragam aktifitas balap tingkat nasional digelar dan didukung AHM. Tahun ini, AHM kembali melanjutkan program pembinaan pembalap masa depannya dengan merekrut bibit-bibit pembalap muda melalui program HRS yang telah memasuki tahun keempat penyelenggaraan sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010. Pembinaan untuk pembalap berpengalaman juga dilakukan bekerjasama dengan Suzuka Racing School di Jepang.
Melalui HRS ini, AHM membina para pembalap muda dengan mendatangkan mentor-mentor berpengalaman di tingkat nasional maupun internasional. Setelah belajar dan berlatih di HRS, para pembalap muda akan mendapat kesempatan tampil dan bersaing dengan pembalap nasional dalam event one make race, HRC. Jika berprestasi, mereka pun akan mendapat kesempatan bertanding di ajang kejuaraan nasional Motorprix maupun Indoprix.
Selanjutnya, AHM berupaya melakukan pembinaan pembalap di bawah bendera Honda melalui HRC yang pada tahun ini memasuki tahun kesebelas. AHM bersama jaringan Main Dealer Honda akan menggelar HRC di 8 kota (Tangerang, Medan, Malang, Banjarbaru, Purwokerto, Makassar, Tegal, Cimahi) dengan menambah kelas baru 150cc menggunakan motor sport terbaru Honda CB150R StreetFire. Secara total, HRC memberi kesempatan pembalap Honda berprestasi di 7 kelas, yaitu HRC1 (bebek tune-up 125cc 4-tak seeded), HRC2 (bebek tune-up 110cc 4-tak seeded), HRC3 (bebek tune-up 125cc 4-tak pemula), HRC4(bebek tune-up 110cc 4-tak pemula), HRC6 (bebek standar 110cc 4-tak pemula), HRC7 (matic standar sampai dengan 130cc terbuka), dan kelas terbaru sport 150cc.
Dukungan AHM juga diberikan kepada 6 tim balap Honda di Kejurnas Indoprix dan 14 tim balap Honda di Kejurnas Motoprix di beberapa wilayah penyelenggaraan. Tim-tim balap dukungan AHM yang akan bertarung di Kejurnas Indoprix terdiri dari Honda Banten Racing Team (Gerry Laurent dan Diaz Kumoro Jati), Honda Wahana Dunia Motor Racing Team (M Dwi Satria dan Ahldilla E.D), Honda AHRS Racing Team (Owie Nurhuda dan Ockie Ristan), Honda OEI Racing Team (M. Nurgianto dan Renaldi P.), Honda DAYA Racing Team (Adi Bontot dan Wahyu Widodo, Astra Motor Racing Team (Iswandi Muis dan Denny Triyugo).
Sementara itu, 14 tim balap dukungan AHM di Kejurnas Motoprix terdiri dari 2 tim balap Honda region 1 – Sumatra yaitu Honda Intrac Racing Team (Eko Ryanto dan Martarezza) Honda T7R Racing Team(Teuku Wahyudi,Tonny Rahmawan, Steven Sipayung dan Adrian Aritonang), 6 tim balap Honda region 2 – Jawa yaitu Honda TDJ Racing Team (Tommy Salim dan Derry Irfandi), Honda Rinjani Racing Team (Willy Hammer dan Gilang Pranata), Honda Golden Racing Team(Angga P.A., Andi Gilang, Aditya Pangestu), Honda Yonex Racing Team (Fedri Effendi dan Yoga Dio), Honda Aries Putra Racing Team (Juni A. S), dan Honda Jayadi Racing Team(Andy Pramana dan Tedy Permana).
Selain itu, dukungan AHM juga diberikan untuk 2 tim balap Honda region 3 – (Bali-NTT-NTB) yaitu ART Bali Racing Team (Roy Nugraha dan Yudha Mandiri) Honda NTB Racing Team (Eko A.P, Ivan Hermawan, Yogi Febrian), 2 tim balap Honda region 4 – Kalimantan yaitu Honda Trio Motor Racing Team (Ismail) dan ART Pontianak (Panji R.S., Faruq Faizal, Yossie Legisadewo), serta 2 tim balap Honda region 5 – Sulawesi (ART Makassar Racing Team (Imam Y.B, Syahbulloh) dan Honda LILO Racing Team(Bobby Alfiantara).
Sebagai upaya memperkuat landasan di balap motor sport, AHM membuka kelas 150cc dengan menggunakan Honda CB150R StreetFire di IRS. Kelas ini menjadi ajang step up dari underbone ke full frame dengan prioritas peserta berusia di bawah 20 tahun. Kelas lain yang dibuka AHM di IRS adalah kelas 250cc dengan menggunakan Honda CBR250R yang memprioritaskan pada pembalap muda berusia di bawah 22 tahun. Pembalap yang berprestasi terbaik di kelas 250cc ini akan menjadi peserta ajang balap tingkat Asia ADC di tahun berikutnya.Selain itu, di kelas kejurnas 250cc, Honda mensupport Denny Triyugo dan Iswandi Muis (ART) serta M Dwi Satria (Honda Wahana Dunia Motor).
“Berbagai tingkat balap motor sport ini diharapkan dapat semakin mengasah kompetensi pembalap untuk berlaga di ajang serupa tingkat internasional.”
Pada tahun lalu, di kancah balap dalam negeri, tim balap Honda telah sukses meraih juara 1 kategori team di kelas 125cc melalui tim ART di arena balap Indoprix. Prestasi gemilang lainnya juga ditunjukkan melalui pencapaian juara 1 MP2 (bebek tune-up 110cc seeded) di Kejurnas Motorprix region 5 (Sulawesi), juara 1 MP1 (bebek tune-up 125cc seeded), dan juara 1 MP2 (bebek tune-up 110cc seeded) di kejurnas Motorprix region 3 (Bali-NTT-NTB).
Aktifitas Balap Tingkat Asia
Memasuki tahun 2013, AHM memberi kesempatan kepada 2 orang pembalap muda untuk berkiprah di ajang balap international ADC 2013 dengan menggunakan Honda CBR 250R. Kedua pembalap muda ini merupakan hasil seleksi hasil pemantauan prestasi dan aktifitas mereka sampai 2012, yaitu M Dwi Satria (21 tahun, Jakarta) yang merupakan juara OMR CBR250, dan Gerry Salim (16 tahun, Surabaya) pembalap muda potensial hasil binaan HRS Batch 1, yang juga juara MP3 dan MP4 di OMR Honda 2012.
“Keikutsertaan di ajang balap ini merupakan pintu awal menuju jenjang balap tingkat dunia. Keberhasilan pembalap di ADC akan membuka peluang untuk meraih wildcard di Moto3, yang selanjutnya akan berpeluang menjadi salah satu tim di Moto3 untuk satu musim penuh.”
Tahun lalu, 2 pembalap perwakilan Honda Indonesia berhasil unjuk keterampilan balap bersaing dengan pembalap dari berbagai negara Asia di ADC. Kedua pembalap tersebut adalah Denny Triyugo dan Iswandi Muis. Dari hasil ADC tersebut, Denny Triyugo masuk ke dalam daftar pembalap yang berpeluang memperoleh wildcard Moto3 2013.
AHM pun turut serta mendukung pembalap di kejuaraan internasional Suzuka 4 Hours Endurance Race dengan menghadirkan pembalap muda Iswandi dan M Dwi Satria. Sementara kejuaraan internasional lainnya yang diikuti adalah All Japan Championship 2013 di kelas Moto2 dengan menggunakan NSF 250. Pembalap yang akan berjuang menunjukkan prestasinya adalah Denny Triyugo.
“Tahapan balap yang tersistematis dan dipersiapkan secara matang ini diharapkan dapat membawa pembalap-pembalap terbaik Indonesia mengibarkan Merah Putih di puncak arena balap dunia.”
Share this article :
 
About : Webmaster of this Site
Copyright © 2013. Honda Made Ferry Motor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by I Kadek Wikantra
Proudly powered by Blogger