Home » » Cara Merawat Jaket Motor

Cara Merawat Jaket Motor

Sebagai “smart biker” Anda pasti paham betapa pentingnya safety gear saat menunggangi si Kuda Besi. Sadar dan teliti menggunakan safety gear setiap kali berkendara sangat besar manfaatnya untuk keselamatan. Setidaknya, safety gear yang kita kenakan dapat mencegah terjadinya cidera serius saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
Salah satu perlengkapan safety gear adalah jaket. Selain berfungsi melindungi anggota tubuh saat terjadinya benturan, jaket juga mencegah angin menempa tubuh kita terlalu banyak. Tapi jangan salah, jaket juga merupakan salah satu perlengkapan yang dapat membuat kita kotor lho. Pasalnya, noda keringat, kotoran, debu, polusi udara, bau knalpot, dan sebagainya kerap kali menempel di jaket.
Nah, yuk kita simak beberapa tips sederhana merawat jaket motor berikut biar tetap bersih dan nyaman saat digunakan. Jaket bersih, penampilan Anda di atas motor pun makin macho.
  • Langkah pertama dalam membersihkan jaket motor adalah dengan melepaskannya terlebih dahulu dari badan Anda. Lihatlah baik-baik pada permukaan jaket apakah ada debu, kerikil kecil, atau kotoran-kotoran lainnya yang menempel.
  • Ambil satu ember kecil air sabun panas yang sudah dicampur dengan cuka. Kemudian gunakan spons atau kain katun untuk membersihkan seluruh permukaan jaket secara perlahan-lahan. Setelah di-lap, biarkan jaket di bawah sinar matahari untuk mengering dengan sendirinya.
  • Untuk jaket berbahan seperti mantel, Anda cukup memasukkannya ke mesin cuci dengan air dingin. Tapi ada baiknya, sebelum dimasukkan ke mesin cuci, Anda melepaskan terlebih dahulu bantalan yang menempel pada jaket supaya tidak rusak.
  • Untuk jaket berbahan kulit, Anda bisa mencampurkan air sabun dengan sedikit weweangian. Celupkan jaket yang kotor untuk diaduk dan diperas. Anda juga bisa sedikit menggosok bagian kerah karena biasanya bagian ini yang sering terlihat cokelat/kotor.
  • Gunakan kain katun untuk membersihkan jaket tersebut. Gosok permukaan jaket kulit dengan gerakan melingkar. Celupkan kembali jaket untuk mendapatkan lebih banyak air sabun. Anda bisa gunakan sikat gigi halus untuk membersihkan bagian jahitan pada jaket supaya tidak rusak.
  • Kemudian bilas jaket dengan air bersih untuk kemudian digosok dengan kain baru. Setelah itu gantungkan jaket untuk proses pengeringan. Biasanya jaket kulit yang tahan air, jauh lebih cepat kering ketimbang jaket dari bahan lainnya.
Nah, itu dia beberapa tips sederhana merawat jaket motor. Bukan hanya tunggangan harian yang harus mendapat perhatian, jaket motor juga perlu dibersihkan secara berkala karena ia merupakan salah satu komponen paling setia dalam berkendara.
Share this article :
 
About : Webmaster of this Site
Copyright © 2013. Dealer Honda Made Ferry Motor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by I Kadek Wikantra
Proudly powered by Blogger