Home » » Honda Vario Idling Stop System

Honda Vario Idling Stop System

Dengan Idling Stop System, Honda Vario Catat Konsumsi BBM 76,1 km/liter



Jakarta - Teknologi Idling Stop System yang disematkan pada Honda Vario terbukti mampu membuat konsumsi bahan bakarnya mejadi jauh lebih irit. Hal ini terbukti dalam ajang Fun Riding Honda Vario 125 CBS Idling Stop yang diadakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) yang mencatatkan rekor 76,098 km/liter.

Kegiatan Fun Riding Honda Vario 125 CBS Idling Stop ini diadakan pada Rabu, 10 April yang diikuti oleh  para jurnalis dari berbagai media nasional. Acara ini mengambil lokasi di kawasan Serpong dengan panjang rute sekitar 15,5 kilometer. Pada rute yang ditetapkan, peserta melintasi 11 lampu merah yang memiliki durasi pemberhentian relatif lama. Kondisi ini sengaja dipilih untuk menguji langsung teknologi terbaru pada Honda Vario 125 CBS Idling Stop ini.

Berdasarkan hasil pengetesan para jurnalis dalam acara Fun Riding Honda Vario 125 CBS Idling Stop ini, diperoleh konsumsi bahan bakar teririt yaitu 76,098 km/liter. Angka ini dicatat oleh Adib dari media maniakmotor.com. Konsumsi BBM terbaik kedua tercatat 67,660 km/liter diraih oleh Jayadi dari media gilamotor.com. Konsumsi BBM teririt berikutnya 67,234 km/liter yang diraih oleh Eko dari media Motorev.

Angka ini jauh lebih hemat dibandingkan hasil pengujian konsumsi bahan bakar yang dilakukan AHM menggunakan metode ECE R40 di mana tercatat hanya 55,8 km/liter atau lebih hemat bahan bakar 7% dibandingkan dengan Honda Vario PGM-FI non ISS, bahkan bisa lebih hemat 37% jika dibandingkan dengan Honda Vario tipe karburator.

"Dengan berkendara secara econo riding, konsumsi BBM Honda Vario 125 CBS Idling Stop ini bisa jauh lebih hemat. Ini menunjukkan teknologi Idling Stop System terbukti memberikan manfaat yang luar biasa kepada pemakainya," ujar Kristanto Head of Corporate Communication AHM.

Teknologi Idling Stop System akan mematikan mesin Honda Vario 125 CBS Idling Stop secara sementara setelah skutik ini berhenti lebih dari 3 detik. Pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi. Teknologi ini akan sangat bermafaat digunakan di tengah kondisi lalu lintas yang padat dengan tetap menjamin ketersediaan aliran listrik saat Idling Stop System ini diaktifkan.

Selain bermanfaat membuat konsumsi BBM lebih hemat, teknologi Idling Stop System ini juga membuat Honda Vario lebih ramah lingkungan. Fitur advance ini merupakan inovasi tahap lanjut yang sebelumnya telah diaplikasikan di motor premium Honda PCX150.

Pada Honda Vario 125 CBS Idling Stop yang dirilis Maret lalu, AHM mempertahankan teknologi dan fitur yang sebelumnya sudah terpasang melengkapi  kecanggihan mesin matik terbaru Honda, eSP engine (Enhanced Smart Power), seperti Teknologi ACG (Alternating Current Generator) Starter yang memberikan kenyamanan terbaik di kelasnya karena membuatnya lebih halus saat dinyalakan. Motor ini juga menawarkan kenyamanan posisi berkendara serta nilai fungsional yang terbaik di kelasnya, termasuk kapasitas bagasi terbesar di kelasnya yaitu 18 liter (mampu memuat helm full face) dan kapasitas tangki bensin 5,5 liter. Fitur keselamatan terlengkap di kelasnya juga disematkan pada model ini seperti Combi Brake System untuk menambah kepakeman pengereman, standar samping otomatis (Side Stand Switch), dan Brake Lock.

Kombinasi warna dan warna baru
Untuk mempertahankan penampilan agresifnya, AHM menyegarkan kombinasi warna dan menyuguhkan warna baru pada Honda Vario 125 CBS Idling Stop yaitu warna biru. Penambahan warna baru juga dilakukan untuk varian Honda Vario 125 Techno yaitu warna tricolor RWB (Red White and Blue).

AHM memasarkan Honda Vario Techno 125 PGM-FI pertama kali pada bulan Maret 2012 untuk memperkuat penetrasi Honda Vario Series di segmen skutik. Di segmen skutik atas, model ini menguasai 92% dari total penjualan 869.297 unit dalam satu tahun periode Maret tahun lalu sampai dengan Februari tahun ini. Honda Vario sendiri merupakan skutik pertama Honda di Indonesia yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2006. Hingga bulan lalu, total penjualannya tercatat 4.393.285 unit. Sementara dalam kuartal pertama tahun ini, Honda Vario series tercatat menyumbang sebesar 347.122 unit.

Di pasar domestik,  AHM semakin memperkokoh posisinya sebagai Raja Skutik setelah pada kuartal pertama tahun ini berhasil menjual sebanyak 870.874 unit atau 70% dari total penjualan skutik nasional pada bulan Maret.

Honda Vario 125 CBS Idling Stop dipasarkan dengan harga (on the road Jakarta) Rp 16.350.000.- Varian ini memiliki 4 pilihan warna yaitu Vigor Black, Bionic Red, Nitro Blue, dan Razor White. Sedangkan harga Honda Vario 125 Techno dipasarkan dengan harga Rp 15.450.000,- dengan 5 pilihan warna yaitu Sporty RWB, Sonic White Blue, Titanium Black, Lunar Red, dan Swift White Silver. AHM menargetkan Honda Vario 125 CBS Idling Stop terjual sebanyak 25.000 unit/bulan sedangkan Honda Vario 125 Techno 75.000 unit/bulan.


Share this article :
 
About : Webmaster of this Site
Copyright © 2013. Honda Made Ferry Motor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by I Kadek Wikantra
Proudly powered by Blogger