Header Ads

AHM Gelar Kontes Teknik SMK

AHM Gelar Kontes Teknik SMK Tingkat Nasional




Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar uji keterampilan teknik sepeda motor untuk para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bagian dari upaya perusahaan berkontribusi menyiapkan generasi muda yang terampil, berkompetensi, dan siap memasuki dunia kerja.

Sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, AHM telah melakukan kontes keterampilan teknik untuk siswa SMK jurusan Teknik Sepeda Motor tingkat regional bekerja sama dengan jaringan main dealernya di seluruh Indonesia. Acara ini berlangsung sejak Januari tahun ini dan puncaknya diadakan dalam tingkat nasional pada 19 - 21 Juni 2013 di Jakarta dengan mengusung tema “Satukan Karya Cerdaskan Bangsa.”

Untuk dapat mengikuti kontes keterampilan ini, para peserta disyaratkan maksimal duduk di kelas 2 SMK dan menjadi pemenang lomba sejenis di tingkat regional yang diadakan main dealer Honda. Mereka diuji dengan mengikuti tes tulis dan praktek dengan menggunakan sepeda motor dan peralatan di bengkel.

Kontes teknik SMK tingkat nasional tahun ini memasuki penyelenggaraan tahun ke-4. Diselenggarakan di Astra Honda Training Center (AHTC), kegiatan ini diikuti oleh 26 siswa finalis. Mereka terpilih setelah berhasil menyisihkan 1.015 siswa dari 383 SMK di seluruh Indonesia, peserta kontes di tingkat regional.

General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan kontes ini diharapkan dapat memacu para peserta untuk meraih prestasi yang lebih baik dan mewujudkan cita-cita mereka di dunia teknik sepeda motor. Hal ini sejalan dengan semangat Satu Hati yang diusung perusahaan dalam menemani masyarakat Indonesia mewujudkan mimpi.

“Kami yakin kegiatan ini tidak hanya menguji keterampilan siswa tapi juga akan memperkaya pengetahuan mereka tentang teknologi sepeda motor Honda termasuk teknologi PGM-FI Honda dan membuat mereka lebih siap masuk dunia kerja sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.”

Selain itu, AHM juga mengundang 66 guru dari SMK yang memiliki Program Keahlian Teknik Sepeda Motor Honda sebagai pendamping siswa SMK ini. Para guru ini juga mendapatkan pelatihan teknologi sepeda motor bersertifikat dari AHM yang diharapkan dapat menjadi bekal untuk mengajarkan keterampilan otomotif di sekolah masing-masing.

Komitmen AHM dalam mendukung program “Link & Match” dunia pendidikan dan dunia industri khususnya SMK juga dilakukan melalui aktivitas lain sejalan dengan perkembangan teknologi sepeda motor Honda. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan telah memberikan bantuan berupa donasi unit sepeda motor Honda, pengembangan dan implementasi kurikulum teknik sepeda motor (TSM) Honda, pengembangan kompetensi guru-guru jurusan Teknik Sepeda Motor, pembuatan ruang praktik dan laboratorium Honda serta peralatan pendukungnya di 66 SMK di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah di waktu mendatang.


Diberdayakan oleh Blogger.