Header Ads

Dinobatkan sebagai Motor Paling Ramah Lingkungan - All New Honda BeAT-FI

Jakarta - Sepeda motor Honda kembali dinobatkan sebagai produk paling ramah lingkungan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) setelah berhasil mempertahankan penghargaan Emisi Gas Buang Terbaik Kendaraan Bermotor Kategori Sepeda Motor. Tahun ini, KLH menetapkan All New Honda BeAT- FI sebagai pemenangnya.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup Prof. DR. Balthasar Kambuaya, MBA kepada Production, Engineering and Procurement Director PT Astra Honda Motor (AHM) David Budiono dalam acara Public Expose Program Langit Biru 2013 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta (05/12).

Berdasarkan Hasil Evaluasi Penataan Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru 2013, All New Honda BeAT- FI berada di peringkat pertama sepeda motor dengan emisi gas buang terendah dibandingkan dengan 10 unit sepeda motor baru lain dari 5 pabrikan motor yang ikut dalam uji emisi ini. Melalui penghargaan ini, AHM berhasil mempertahankan gelar produk paling ramah lingkungan karena pada tahun lalu Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI juga ditetapkan sebagai pemenang pada ajang penghargaan ini.

Untuk menetapkan peringkat kendaraan dengan tingkat emisi terbaik, KLH menggunakan perhitungan kandungan polusi yang dianalisia menggunakan standar uji emisi R40 dengan memperhatikan parameter karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NOx), dan konsumsi bahan bakar.

Berdasarkan hasil perhitungan KLH, All New Honda BeAT- FI mendapatkan nilai dengan parameter CO sebesar 0,143 gram/km, HC sebesar 0.042 gram/km, dan NOx 0.031 gram/km. Pengujiannya sendiri dilakukan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) - Kementerian Perhubungan.

Kristanto mengatakan pencapaian ini merupakan bukti keseriusan perusahaan dalam berkontribusi nyata menciptakan Langit Biru untuk Indonesia melalui pengembangan produk-produk ramah lingkungan dan juga layanan purna jual terbaik di jaringan Honda di seluruh Indonesia.

“Penghargaan ini memacu kami untuk terus menghadirkan produk-produk terbaik untuk masyarakat. Kami menargetkan, tahun depan semua produk Honda sudah mengimplementasikan teknologi injeksi yang ramah lingkungan, emisi gas buang rendah, dan hemat bahan bakar.”

Penghargaan emisi gas buang terbaik di Indonesia ini sejalan dengan komitmen Honda untuk memberikan produk-produk ramah lingkungan di tingkat global maupun domestik. Di tingkat global, Honda, tercatat sebagai produsen motor pertama yang menggunakan teknologi injeksi yaitu pada tahun 1981 melalui produk Honda CX500TURBO. Pada sepeda motor berkapasitas mesin kecil, Honda juga merupakan produsen motor pertama yang mengimplementasikan teknologi injeksi yaitu melalui Honda Wave 125i pada 2003 di Thailand. Di Indonesia, Honda juga tercatat sebagai pelopor teknologi injeksi pada tahun 2005 melalui produk legendarisnya, Honda Supra X 125 PGM-FI .

AHM juga memiliki lini produk injeksi yang terbanyak di pasar domestik. Hingga bulan November 2013, AHM memasarkan 10 lini produk motor injeksi, yaitu Honda CBR250R, Honda CBR150R, Honda CB150R StreetFire, Honda PCX150, Honda Verza 150, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Vario 125 PGM-FI, Honda Spacy FI, All New Honda BeAT FI, dan New Honda Scoopy FI.

Produk-produk ramah lingkungan Honda terserap masyarakat dengan positif. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), selama sebelas bulan pertama tahun ini, AHM berhasil mendominasi pasar motor berteknologi injeksi dengan penjualan sebanyak 3.250.698 unit.

Diberdayakan oleh Blogger.