Header Ads

Hal Yang Dperhatikan Dalam Memilih Leasing Kredit Motor

Hal Yang Dperhatikan Dalam Memilih Leasing Kredit Motor


Bagi Anda sebagai calon pembeli, sistem pembiayaan kredit memang sangat menguntungkan terutama apabila Anda ingin sekali memiliki sebuah motor baru namun secara kondisi keuangan masih belum siap untuk membayar secara keseluruhan dan tunai. Akan tetapi, pastikan anda sudah mengetahui 5 hal dibawah ini sebelum anda memilih leasing yang tepat untuk kredit motor anda.

 

Kenali Perusahaan Leasing Kredit Motor Yang Akan Anda Gunakan.

Waspadalah sebelum anda mulai membeli motor dengan sistem kredit. Di Indonesia ini ada banyak sekali perusahaan leasing yang ditawarkan. Terkadang ada “dealer nakal” yang menawarkan perusahaan leasing yang tidak layak untuk anda karena dealer tersebut akan mendapatkan komisi yang besar.
Ada kemungkinan juga beberapa leasing yang ditawarkan dealer tidak cocok untuk kondisi anda.
Maka dari itu, kenali dulu perusahaan leasing yang bekerjasama dengan dealer resmi motor di tempat Anda akan membeli motor sebelum nantinya cenderung merugikan Anda sendiri.
Berikut tips-tips memilih perusahaan leasing sebelum mulai membeli motor secara kredit:

 

1.) Pilih perusahaan leasing yang memiliki reputasi yang cukup baik.

Pastikan anda memilih perusahaan leasing yang memiliki reputasi baik. Carilah beberapa perusahaan leasing yang cukup dikenal dan memiliki cabang yang cukup tersebar. Hal ini amat penting untuk memastikan perusahaan leasing ini masih terus exist pada saat masa kredit anda selesai dan anda ingin mengambil BPKB (ada juga cerita dimana pengambilan BPKB dipersulit beberapa leasing tertentu).

 

2.) Perhatikan dimana kantor terdekat leasing tersebut dengan lokasi anda.

Secara logika, semakin dekat jarak Anda dengan sebuah kantor leasing maka semakin mudah pula akses anda untuk datang & bertanya langsung apabila anda memiliki masalah dalam masa kredit anda. Hal ini juga penting karena pada saat masa kredit anda selesai, anda perlu datang langsung ke kantor leasing untuk mengambil BPKB anda. Jadi pastikan anda nyaman untuk datang langsung ke kantor leasing ini.

 

3.) Sesuaikan penawaran dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Saat ini banyak perusahaan leasing motor yang menawarkan kredit dengan DP cicilan yang cukup rendah dan bersaing. Namun harga yang menggiurkan tersebut justru akan merugikan Anda di kemudian hari apabila Anda tidak cermat dalam menghitung besarnya cicilan dan waktu pelunasan kredit motor Anda.
Sebelum menyetujui tawaran yang diberikan oleh dealer yang bersangkutan, ada baiknya Anda bertanya tentang berbagai jenis motor, jumlah cicilan dan bunganya, serta lamanya waktu cicilan yang dianjurkan oleh dealer tersebut. Jangan lupa, sesuaikan juga tanggal pembayaran cicilan motor Anda dengan kesanggupan Anda untuk membayarnya setiap bulan. Setelah Anda merasa nyaman dengan sistem kredit yang sedemikian rupa, Anda dapat mulai mengikuti serangkaian proses kredit motor yang diperlukan.

 

4.) Pastikan Cara pembayaran yang ditawarkan cocok dengan kondisi anda.

Pilih dealer dan perusahaan leasing yang menawarkan Anda beberapa fitur dan kemudahan dalam melakukan kredit motor. Anda dapat bertanya mengenai sistem pembayarannya, apakah cukup fleksibel dan dapat diakses melalui ATM, jasa pos, atau bank lain, serta tanyakan pula tentang tingkat konsekuensi yang harus Anda bayarkan ketika terlambat membayar cicilan.
Untuk hal tersebut, usahakan agar Anda mencari sistem pembayaran cicilan dengan bunga yang lebih rendah dan denda yang cukup ringan untuk mengantisipasi ketika Anda terpaksa harus terlambat dalam membayar cicilan karena berbagai hal yang mendesak.

 

5.) Tanyakan Asuransi Apa Yang Anda Dapat Semasa Kredit Anda

Pastikan anda mendapat asuransi yang mengcover anda selama masa kredit anda. Tanyakan cara klaim dan dimana anda harus klaim apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti perampokan atau kehilangan.
Nah setelah anda mengetahui hal ini, tentu anda akan lebih berhati hati dalam memilih leasing anda. Bisa dikatakan bahwa leasing anda adalah partner anda selama anda mengkredit jadi pastikan bahwa anda memilih yang tepat.


Diberdayakan oleh Blogger.