Header Ads

Side Stand Switch Teknologi Pada Motor Honda

Faktor keselamatan dalam berkendara memang menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Tidak hanya membutuhkan kondisi fisik yang prima dari si pengendara, fitur yang terdapat pada kendaraan bermotor juga berperan vital dalam menjamin keselamatan dalam berkendara di jalan raya.
Untuk itulah, demi mewujudkan jaminan keselamatan tersebut, Honda menggunakan berbagai fitur keamananan pada produk motor pabrikannya. Kita ambil contoh yang terdapat pada Honda Vario Techno, Honda Beat dan Honda Spacy. Pada beberapa jenis motor ini, terdapat satu fitur keselamatan yang dikenal dengan Side Stand Switch.

 

Apa Yang Dimaksud Side Stand Switch ?

Dengan menggunakan fitur Side Stand Switch mesin motor akan mati secara otomatis apabila standar samping diturunkan dan tidak dapat dihidupkan apabila standar samping belum dinaikkan.
Hal ini ditujukan agar mengurangi resiko pengendara lupa menaikkan standar samping. Karena sangat berbahaya apabila menggunakan motor dalam posisi standar samping diturunkan, akibatnya akan terjadi kecelakaan.

 

Cara Kerja Side Stand Switch

Fitur Side Stand Switch yang terdapat pada motor Honda akan bekerja apabila standar samping motor dalam kondisi diturunkan. Uniknya, sistem ini dapat berfungsi terutama pada saat kondisi mesin kendaraan masih menyala.
Pada bagian tertentu dipasang saklar otomatis yang dapat memutus aliran listrik pada motor, sehingga ketika standar samping diturunkan maka secara otomatis mesin motor Anda akan mati dan tidak dapat dinyalakan sebelum posisi standar dinaikkan (disimpan) kembali.

Cara penggunaan Side Stand Switch :
Side Stand Switch Teknologi Pada Motor Honda
 Cara menggunakan side stand switch

Manfaat Dengan Menggunakan Side Stand Switch

Menurut PT. AHM penggunaan Side Stand Switch diklaim dapat meminimalisasi resiko kecelakaan pengendara akibat lupa menaikkan standar samping pada saat ingin berbelok ke arah kiri atau pada jalanan yang tidak rata. Atau dengan tidak sengaja menarik tuas gas pada saat motor dalam kondisi diam.

 

Kelebihan Lain Pada Side Stand Switch

Selain itu, untuk menjamin kenyamanan Anda saat menggunakan fitur ini terutama di kondisi hujan, PT. AHM juga sudah mengklaim bahwa Side Stand Switch dirancang sedemikian rupa sehingga anti air hujan.
Pada bagian pelindungnya dilengkapi dengan seal anti air dan tegangan listrik yang digunakan pun cukup rendah (sekitar 12 V), sehingga meskipun air berhasil masuk ke bagian saklar otomatis maka tidak akan terjadi korslet. Cukup praktis dan aman, bukan?
Bahkan, Anda sebagai konsumen setia Honda juga patut bangga karena teknologi ini sebelumnya sudah berhasil dipatenkan oleh pihak Honda dan merupakan satu-satunya teknologi standar samping otomatis yang disematkan pada beberapa motor matik Honda di Indonesia.
Dengan adanya fitur ini, sudah jelas membuktikan bahwa Honda selalu terdepan dalam berinovasi sekaligus menjaminkeselamatan, keamanan, dan kenyamanan para penggunanya dalam berkendara. Salam Satu Hati.
 
Diberdayakan oleh Blogger.