Header Ads

Cara Merawat Kopling Motor

Cara Merawat Kopling Motor
Menggunakan motor kopling (manual) atau bukan motor kopling (transmisi otomatis) hampir sama saja. Bedanya dari sisi sensasinya saja dan kemudahannya. Motor transmisi otomatis lebih mudah untuk dioperasikan. Sedangkan motor kopling membutuhkan konsentrasi lebih dalam memainkan tuas kopling agar motor tidak tersendat atau bisa mati tiba-tiba.
Selain membutuhkan konsentrasi lebih, menggunakan motor kopling juga harus memberikan perawatan lebih juga untuk bagian kopling. Salah satunya adalah kenyamanan penarikan kopling motor dan lain-lainnya.
Sebagai referensinya, kami siapkan beberapa tips jitu yang nantinya bisa membantu Anda dalam merawat motor kopling.

Rajin Ganti Oli
Penyebab motor kopling tarikannya mulai lemah atau loyo adalah karena kualitas oli dalam mesin sudah mulai menurun. Gesekan kasar mengakibatkan persneling motor kopling terlambat untuk beberapa detik saat akselerasi perpindahan gigi. Dengan mengganti oli secara berkala, maka gesekan di dalam mesin lebih halus dan ringan. Tarikannya pun lebih pas dan lebih responsif.

 Cek Kanvas Kopling
Mengecek kanvas kopling secara berkala bisa menghasilkan kinerja motor Anda menjadi maksimal. Bukan hanya kanvas yang harus di cek. Ada juga bagian lain yang perlu dicek bilamana ternyata kanvas kopling tidak bermasalah yaitu per kopling. Lemahnya kekuatan per mengakibatkan kanvas tidak bekerja dengan baik. Kalau dimungkinkan, ganti saja dengan yang baru.

Membersihkan Kabel Tali Kopling
Salah satu juga yang menjadi kendala saat mengendarai motor kopling adalah kasarnya tarikan tali kopling dari mesin yang lewat di dalam kabel. Untuk mengatasi hal ini, cobalah membersihkan tali kopling dan salurannya dengan melumasi pelumas atau memakai cairan pembersih karat lain untuk motor. Gunanya supaya jangan sampai kemacetan akibat kotoran dalam kabel menghambat Anda dalam melakukan transmisi gigi motor

Menambahkan Tul
Untuk bisa membuat tarikan kopling menjadi lebih enteng, bisa ditambahkan dengan sebuah alat, namanya Tul. Alat ini diletakkan di sebelah kanan bawah, di daerah gearboks. Alat ini membuat tuas di bagian bawah itu menjadi lebih panjang. Hasilnya, saat menarik kopling akan terasa lebih ringan.
Semoga dengan tips-tips di atas bisa membantu Anda pengguna motor kopling dalam merawat kopling motor Anda sehingga tetap awet masa gunanya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.