Header Ads

Perhatikan Pentingnya Fungsi Busi pada Sepeda Motor

 


Busi merupakan komponen penting dalam sistem pengapian di motor. Tanpa busi, motor tidak dapat di hidupkan mesinnya.

Busi motor memiliki fungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh ignition coil menjadi percikan api yang akan membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar.

Ketika busi motor mengalami masalah, maka dapat mengakibatkan sistem pengapian tidak bekerja secara sempurna. Untuk itu perlunya selalu merawat kondisi busi agar berfungsi secara optimal.

Berikut beberapa masalah yang mengakibatkan busi tak berfungsi secara optimal :

1. Kebocoran oli di ruang bakar

Kebocoran oli dapat terjadi akibat kondisi oil seal pada valve sudah tidak bagus dan dinding silinder mesin yang mengalami keausan atau baret. Selain itu bisa juga disebabkan oleh ring piston yang rusak atau aus sehingga tak bisa mencegah oli masuk ke ruang bakar.

Oli yang masuk ke ruang bakar menyebabkan ignition coil tertutup oli sehingga busi sulit untuk memercikkan api dengan sempurna.

Saat terjadi kebocoran oli ke ruang bakar, oli yang terbakar membuat asap yang keluar dari lubang knalpot jadi lebih tebal dan banyak.

2. Terlalu banyak bensin di ruang bakar

Hal ini sering terjadi pada sepeda motor dengan sistem pembakaran karburator sebagai suplai bahan bakarnya.

Tapi hal itu bisa juga terjadi pada motor injeksi. Umumnya karena injektor kotor, kurangnya fungsi sensor-sensor pendukung dan pompa bahan bakar yang kurang baik, sehingga bensin yang disemprotkan tidak lagi berbentuk kabut.

Bensin yang terlalu banyak membuat permukaan busi menjadi basah sehingga sulit untuk memercikan api.

3. Korsleting di jalur pengapian

Salah satu penyebab lainnya karena ada terjadinya korsleting di jalur pengapian. Kondisi tersebut akan memengaruhi kerja busi. Seperti pada kasus kebocoran arus di kabel coil, menyebabkan arus listrik yang seharusnya masuk ke busi menjadi langsung menuju ke bodi mesin.

Ketika busi mulai bermasalah, proses pembakaran di ruang bakar jadi tidak sempurna dan dapat menimbulkan efek suara mesin kasar atau ngelitik. Karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala.

Lakukanlah perawatan dan pemeriksaan rutin di AHASS terdekat untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor masih dalam kondisi prima.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.